Gagal Lolos Standar EURO 3, Ninja 150 2 Tak Stop Produksi

Kabar kurang sedap datang dari Pabrikan yang terkenal akan warna hijau, Kawasaki. Ya, Setelah simpang-siur akan kebenaran discontinue produk 2 Tak andalannya di pasar Tanah Air, Ninja 150-Series… Akhirnya, Kini terungkaplah sudah, Sang Legenda harus pensiun lantaran dibekap masalah regulasi yang kurang bersahabat.

Kabar ini sebenarnya bukan berita baru, Karena seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya… Kawasaki juga sudah mengungkapkan tentang status Ninja 150 2 Tak yang memang diambang discontinue (stop produksi), lantaran penetapan standarisasi EURO 3.

Dan entah mengapa, Pabrikan geng-ijo seakan menutup-nutupi keadaan ini. Bukan tanpa alasan sih, Karena memang hingga saat ini, Kawasaki Ninja 150 2 Tak -Series (Ninja SS, R, RR) masih menjadi tulang punggung penjualan Kawasaki di Indonesia. Buktinya, di tahun 2014 kemarin sang Ninja mampu mencatatkan penjualan hingga lebih dari 71 ribu unit ! Sebuah angka yang sangat besar, mengingat motor ini satu-satunya yang masih mengandalkan mesin 2 Tak, ketimbang seterunya yang semuanya sudah bermesin 4 Tak.

Mengapa Kawasaki Ninja 150 2 Tak begitu laris-manis di pasaran ? Alasannya simpel, Sang Ninja mampu menawarkan sensasi kecepatan tinggi yang tidak ditemui di motor 150cc terbaru lainnya, Bahkan powernya hampir setara dengan motor 250cc 2 Silinder yang dibanderol jauh lebih mahal ! Alasan lainnya, Lantaran nama besar “NINJA” yang seakan melegenda di hati pecinta roda 2 Indonesia. FYI : Banyak kalangan yang menyebut “Ninja” sebagai analogi motor keren & kencang.

Namun Malang tak boleh ditolak, mujur tak boleh diraih… Ya, Kawasaki Ninja 150 2 Tak harus Discontinue atau Stop Produksi lantaran gagal lolos uji emisi EURO 3 yang cukup ketat. Selain itu, Suara knalpotnya yang gemerincing ala motor 2 Tak juga dinilai menimbulkan polusi suara…Dan akhirnya, Sang Ninja legendaris pun harus “pensiun” lantaran tak memenuhi standarisasi tersebut. Kawasaki pun kini hanya menghabiskan stok saja, yang kabarnya akan habis akhir bulan Juli 2015 ini.

Sebagai penggantinya, Kawasaki sebenarnya sudah merilis Ninja 250 RR Mono yang secara visual dan performa tak kalah dibanding Ninja 2 Tak…. Sayang, lantaran banderol harganya yang terpaut cukup jauh, Ninja RR Mono belum mampu menggantikan sang Legend yang sudah melekat di hati para pecintanya sebagai motor yang simple, murah & kencang, selama 19 tahun masa baktinya di Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *