Tips Merawat Rantai Honda Tiger, Jangan Salah Kaprah !

 Honda Tiger adalah salah satu Legenda Motor Sport yang ada di Indonesia. Eksistensinya yang lebih dari 2 dekade, membuatnya jadi salah satu pelopor motor sport sukses yang ada di Tanah Air. Pun demikian dengan penggunanya, Hingga saat ini masih banyak yang setia dengan “Sang Macan”, sebutan untuk Honda Tiger.

Membersihkan Rantai Honda Tiger

Namun, Honda Tiger ternyata bukan tanpa masalah… Sport legendaris berkubikasi 200cc ini punya cukup banyak problem, apalagi kalau mengingat usianya yang tak semuda produk anyar lainnya. Salah satunya adalah Rantainya yang Berisik. Nah, Kali ini IndoRiders coba kasih sedikit tipsnya nih Brader !

Sebelum kita melanjutkan soal Tips menghilangkan suara Rantai Berisik di Honda Tiger, alangkah baiknya kita lebih dulu ketahui permasalahan, plus tindakan salah kaprah yang dilakukan para usernya : Orang-orang sering salah membersihkan & memberi pelumasan di rantai dengan memberi minyak tanah / oli bekas / maupun oli baru.

Minyak tanah = Membersihkan rantai dengan Minyak Tanah, Tidak membuat masalah jadi lebih baik lho ! Minyak tanah justru membuat O Ring jadi melar.

Oli bekas = Mengandung gram / serpihan mikroskopis dari besi gearbox. Dan secara visual juga sangat buruk, lantaran sangat cepat mengotori bagian lainnya seperti velg, swingarm, dan suspensi belakang.

Oli baru = Sama saja dengan Oli bekas Brad ! Kenapa oli baru juga bisa bikin rusak? Lantaran baik oli bekas maupun baru sama-sama tidak ditujukan untuk rantai… karena fungsi sebenarnya oli baru tersebut adalah untuk melumasi sesuatu yang tertutup seperti gearbox, dan dinding silinder. Sehingga untuk sesuatu yang terbuka tidak baik, karena mempercepat debu dan kotoran menempel di komponen yang dilumasi, sehingga pada awal memang melumasi tapi di tengah ke akhir mempercepat keausan.

Jadi faktanya, Ketiga bahan di atas bukan merawat! Malah justru berpotensi besar merusak rantai !

Membersihkan Rantai Honda Tiger

Untuk merawat Rantai Honda Tiger supaya tidak berisik, bisa dilakukan sendiri alias Do It Yourself kok ! Tapi, harus menggunakan metode serta bahan yang benar, Supaya selain lebih ciamik dilihat, juga aman & awet ! Nih dia tips membersihkan rantai ala IndoRiders…

Untuk Membersihkan : Gunakan WD40 atau Selleys RP7, Zat penetral ini mampu memberishkan tampa merusak komponen seperti pada penggunaan bensin/minyak tanah. Dia juga mampu merontokkan karat. (bisa dibantu dengan kuas / angin kompresor >> semprotkan , oleskan dengan kuas, lalu semprotkan angin sampai bersih)

Untuk Melumasi : Gunakan Pelumas khusus rantai yang banyak tersedia di pasaran , namanya “Chain Lube”, tersedia banyak merk & harga yang beragam juga kok ! Tugasnya khusus untuk melumasi rantai, namun tidak mudah ditempeli kotoran / debu dan tidak menyiprat mengotori bagian lain seperti oli. Hasilnya, Rantai jadi nggak berisik lagi, Tapi tetep asik dilihat karena nggak blepotan kemana-mana Brad !

So, Ayo bersihkan Rantai kita ! Ini nggak berlaku untuk Honda Tiger saja kok, Tapi juga buat semua motor yang menggunakan penggerak rantai. Semoga bermanfaat ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *